Senin, 19 Juli 2010

INDONESIA CUTTING EDGE MUSIC AWARDS 2010


Pertama kalinya, Indonesia Cutting Edge Music Awards (ICEMA) digelar. Ini dia para jawara yang diumumkan di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (18/7/2010) malam.

ICEMA adalah ajang perhargaan yang diperuntukkan kepada para pemusik non-mainstream. Sejak April lalu, para nominasi dipilih lewat voting yang digelar di www.icema.co.id. Soleh Solihun berperan sebagai pemandu acara di pagelaran ICEMA yang dimulai sekitar pukul 20.00 WIB dan berakhir hampir tengah malam.

Band asal Bali, Superman is Dead menjadi musisi dengan penghargaan terbanyak. Mereka berhasil memborong tiga piala untuk kategori Favorite Punk/Hardcore Song, Favorite Artwork from Album dan Favorite Band Group or Duo.

Setelah Superman is Dead, musisi yang berjaya lainnya yaitu Maliq & d'Essentials dan Adhitia Sofyan, kompak mendapatkan dua piala. Sementara Favorite World Music Song diraih Tompi. Sayang dokter bedah tersebut tidak hadir menerima penghargaan tersebut.

Band trio Efek Rumah Kaca, berhasil mengantongi piala Favorite Alternative Song. Tiga piala spesial hasil rembukan dewan juri pun muncul di akhir acara. Most Inspiring Band diraih Pas, Best Album oleh Efek Rumah Kaca dan Lifetime Achievement didapatkan Fariz RM.

"Baru kali ini saya menerima award yang bermatabat," ujar Fariz di antara rentetan rasa terima kasihnya.

Bukan hanya sekadar membacakan pemenang nominasi, acara ICEMA 2010 juga diisi penampilan ciamik dari band-band cutting edge. Mereka berkolaborasi dengan gemilang di atas pentas.

Sebut saja aksi The Authentic bersama Superglad yang membawakan lagu milik Pas. Juga ketika musik suggest dari Efek Rumah Kaca berpadu dengan ide kreatif Zeke Khaseli. Mereka menyanyikan lagu 'Kenakalan Remaja Dalam Era Informatika'. Jas bertuliskan "Bikin Malu - Sex" di bagian punggung menghiasi aksi mereka.

Notturno, Anda, Mian Tiara dan Leonardo juga berkolaborasi. Begitu juga dengan Souljah yang berhasil menyatukan musik mereka dengan Endah N' Resha.

Acara pun ditutup dengan aksi gemilang The Flowers yang menggandeng Adrian Adioetomo dan Indra Lesmana. Indra yang biasa akrab dengan musik jazz terlihat menikmati permainan langka tersebut. Ia meraung-raungkan kibord dengan nada-nada cutting edge yang sangat menyatu dengan suara gitar Adrian dan musik rock & roll milik The Flowers.

Indonesia Cutting Edge Music Awards atau ICEMA tahun ini sukses dihelat di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (18/7) malam. Ratusan musisi yang kerap disebut non-mainstream telah membuktikan ketangguhan mereka dengan membawa pulang penghargaan bergengsi ala musisi cutting edge dari berbagai genre ini. Siapa sajakah mereka?

Setelah tiga bulan membuka nominasi band-band terbaik Indonesia yang akhirnya ditutup pada 29 Juli 2010 lalu, tercatat lebih dari 42.000 votters memberikan suara untuk mendukung artis favorit mereka. Hingga akhirnya didapatlah nama-nama pemenang untuk 20 kategori yang menyandang artis musik terfavorit pilihan penggemar.

Istimewanya lagi, ajang ini juga memberikan kesempatan untuk band-band/artis baru. Untuk kategori satu ini tercatat 828 band non-mainstream yang ikut berlaga, yang akhirnya dipilih 9 sebagai yang terbaik.

Siapa saja pemenang ICEMA 2010? Simak daftar lengkapnya:
1. Favorite Alternative Song: Efek Rumah Kaca - Kenakalan Remaja di Era Informatika

2. Favorite World Music Song: Tompi - Hello Sallamualaekum

3. Favorite Singer - Songwriter: Adhitia Sofyan - Adelaide Sky

4. Favorite Rock Song: The Sigit - Money Making

5. Favorite Reggae And Ska Song: Shaggy Dog - Honey

6. Favorite Punk/Hardcore Song: Superman Is Dead - Kuat Kita Bersinar

7. Favorite Pop Song: Maliq and D Essentials - Pilihanku

8. Favorite Metal Song: Dead Squad - Manufaktur Replika Baptis

9. Favorite Comedy Song: Jiung - Nang Ning Nung (Versi Gambang Kromong)

10. Favorite Jazz Song: Barry likumahuwa - Mati Saja

11. Favorite Folk/Country Song: Tigapagi - Menari

12. Favorite Electronica Song: Goodnight Electric - Interval

13. Favorite Blues Song: Gugun And Blues Shelter - When I See You Again

14. Favorite Emo Song: Killing Me Inside - Torment

15. Favorite Hip Hop/R&B Song: J. Flow - Ku Ada Bagimu

16. Favorite Dance Song: Dj Riri Mestika - Last Call

17. Favorite Artwork From Album: Superman Is Dead - The Angels And The Outsider

18. Favorite Solo Artist/Band: Adhitia Sofyan

19. Favorite Band Group Or Duo: Superman Is Dead

20. Best Newcomers: Stereocase, Monkey To Millionaire, Angsa & Serigala, Murasaki, Waza, Stereo Conspiracy, Windri Marietta & Friends, King Of Panda, Lipstick Lipsing.

Kategori Spesial:
Best Album: KAMAR GELAP - Efek Rumah Kaca

Most Inspiring Artist: Pas Band

Lifetime Achievement: Fariz RM

Selamat kepada para pemenang. Maju terus musik Indonesia!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Gue